Posted by : Amaliun Indah Rabu, 07 Desember 2011


Meski tampak sederhana, membuat tempura yang renyah enak butuh trik tersendiri. Di cooking class ini, Chef Omori membagi ilmunya. Bikin saus tempura dengan rumus matematika yang ternyata sangat asyik. Acara makin seru dengan icip-icip sajian tempura komplet... wouw! 

Hidangan gorengan asal Jepang ini memang selalu jadi favorit. Terbukti banyak para penggemar tempura yang ikut bergabung di cooking class detikfood, Sabtu (3/11) lalu. Kali ini chef Tomohiko Omori dari Miyama Japanese Restaurant, Hotel Borobudur Jakarta membagi ilmu membuat tempura lengkap berikut saus dan trik menggoreng.

Pertama kali chef Omori memberikan tips cara membuat tempura dipping sauce alias saus yang jadi pendamping penting saat menikmati tempura. Tak tanggung-tanggung, chef Omori pun langsung berlagak seperti dosen. Ia menggelar papan tulis untuk menuliskan rumus campuran bahan-bahan yang digunakan.

Menurut chef Omori untuk membuat saus tempura yang enak, perbandingan yang tepat adalah 4:1:1 antara air, shoyu dan mirin. "Chef kalau beda shoyu dan mirin itu apa?" atau "Chef dimasaknya sampai berapa lama?", celetuk beberapa peserta yang sudah tak sabar bertanya. Semua pertanyaan dijawab sang chef dengan sabar. Sang Chef juga memberi resep Curry Salt dan Wasabi Salt yang biasa dipakai untuk makan tempura selaian soya sauce.

Chef Omori mulai dengan membuat New Onion Tempura. Tempura dari sayuran ini merupakan jenis tempura yang sering ditemui di restoran-restoran Jepang. "Untuk tempura sayur, bisa digunakan banyak sekali sayuran mulai dari terong, jamur, kentang, ubi, wortel, buncis, dll. Menggorengnya harus dimulai dari sayuran yang paling keras hingga yang paling mudah matang," ujarnya berbagi tips.

Teknik membuat adonan tempura juga ikut mendapat perhatian khusus dari para peserta. Ternyata mengaduk adonan tepung tempura yang benar menurut sang chef tidak boleh memakai whisk melainkan cukup dengan sumpit. "Adonannya cukup diaduk-aduk seperti membuat tanda silang saja dengan sumpit tidak perlu terlalu kencang. Makin dingin bahan-bahan seperti tepung dan air es maka tepung nantinya akan semakin crunchy," jelas chef Omori sambil memperaktekkan diikuti oleh anggukan para peserta.

Membuat New Onion Tempura dan Green Peas and Shrimp Tempura with Curry Salt ini ternyata mirip dengan menggoreng bakwan. Setelah dipotong-potong sayurannya ditaruh dalam piring kecil dan dituangkan adonan tempura, lalu diaduk rata. Agar menyatu saat digoreng triknya harus dimasukkan di ujung deep frying agar tidak terpisah-pisah. Wah, cerdik juga ya chef Omori ini.


Sedangkan untuk membuat Tempura Shrimp para peserta diajarkan mulai dari mengupas udang sampai membentuknya hingga lurus. Khusus tempura udang berbagai tips mulai mengiris badan udang dan memijat udang agar lurus mendapat perhatian penuh dari para peserta. "Pertama-tama melepas kepalanya dulu baru kemudian kaki-kakinya, nah kalau sudah baru kulitnya bisa dilepas dengan mudah," terang sang chef tentang cara mengupas udang yang benar.

Resep terakhir sang chef pun ditutup dengan membuat Fusion Green Pepper, Tomato and Sausage Italian Style. Tempura bergaya modern ini merupakan campuran dari kacang polong, bawang bombay, tomat, sosis ayam, dll. Karena ada irisan keju cheddar sang chef menyarankan agar sajian ini dihidangkan panas-panas. "Yang satu ini selain deeping sauce, boleh juga dimakan dengan saus sambal atau saus tomat," tambahnya.

Di tiap sesi, chef Omori juga mengajak beberapa peserta untuk menemaninya berpraktek. Teknik mengiris sayuran sehingga berbentuk unik pun tak ketinggalan diajarkan. "Wah, ternyata tidak susah ya membuatnya kalau tau tekniknya," komentar salah seorang peserta . Kalau ada hasil yang bagus, Chef Omori pun tak segan memuji dan memberi tepuk tangan.

Rupanya keasyikan menggali ilmu membuat para peserta enggan berpisah dengan sang chef. Acara kembali dilanjutkan dengan makan siang berupa sajian tempura komplet dan pembagian hadiah doorprize. Mereka yang beruntung membawa pulang voucher makan dari Hotel Borobudur Jakarta adalah Ahmad Marzuki, Miariza Hardianto, Risa, dan Indah. Sedangkan yang memperoleh merchandise detikFood, Felicia Jean, Anneth, dan Ibu Nur Wijayanti. Sampai ketemu tahun depan ya!

Leave a Reply

Blog Dofollow Silahkan Tinggalkan Komentar Sobat... Komentarnya Yang Manis Ya....!!!
Jangan Lupa Kunjungi Jasa Facebook Fanpage Murah
Buat Sobat Yang Mau Berbisnis Online Kunjungi Aja Langsung Bisnis Online Terbaru

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Cafe Amaliun Indah - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -