Posted by : Amaliun Indah Jumat, 18 November 2011


HP CDMA menjadi salah satu alat komunikasi yang cukup diminati oleh banyak masyarakat. Harganya yang cenderung lebih murah serta layanan yang juga tidak kalah dapat mencukupi kebutuhan komunikasi masyarakat, merupakan alasan yang  membuat HP CDMA cukup banyak diminati.
Kecanggihan komunikasi telah diwakilkan oleh benda-benda berbentuk kotak bertombol yang oleh banyak orang disebut sebagai handphone, ponsel, atau HP. Kehadiran telepon genggam di tengah-tengah masyarakat membawa peran yang cukup penting. Telepon genggam pun kemudian berkembang, dan jenis HP CDMA menjadi salah satu produk dari pengembangan telepon genggam tersebut.
Berbicara mengenai jenis HP CDMA, tentu tidak lepas dari cerita sejarah awal penemuan telepon genggam atau HP ini. HP atau handphone atau telepon genggam pada dasarnya memiliki sistem yang sama dengan telepon konvensional atau telepon yang masih menggunakan bantuan kabel untuk menghubungkan antara satu dan yang lainnya.
Perbedaan antara HP dan telepon kabel konvensional terletak pada keringkasannya saja. Ketika membawa HP, Anda tidak akan direpotkan dengan kabel yang menjuntai atau bentuk telepon yang besar. Anda cukup memasukkannya ke dalam saku celana atau tas, dan Anda pun bisa berkomunikasi dengan siapa saja dan kapan saja. Begitupun yang terjadi dengan HP CDMA yang sudah banyak beredar sekarang ini.
HP CDMA pasti tidak akan dikenal seperti sekarang ini jika seorang Martin Cooper tidak menemukan telepon genggam pada 1973 lalu. Dia adalah seorang karyawan dari perusahaan telekomunikasi Motorola. Saat menciptakan telepon genggam, Martin Cooper tergabung dalam sebuah tim yang memang sengaja dibentuk untuk menciptakan inovasi di bidang komunikasi.
Teknologi telepon konvensional yang serba besar itu kemudian diakali dan dibuatlah sebuah sistem  telekomunikasi dengan ukuran yang lebih kecil. Sekelompok orang pintar tersebut seolah terus menerus memikirkan bagaimana caranya “memasukkan” teknologi yang besar itu ke dalam bentuk yang lebih kecil. Untuk mendukung terciptanya asal mula telepon genggam, termasuk HP CDMA di dalamnya ini, perusahaan Motorola mengeluarkan biaya yang cukup besar.
Penemuan demi penemuan pun kemudian menyusul keberhasilan Martin Cooper dan kawan-kawan. Tokoh lain yang ikut menyukseskan keberadaan telepon genggam sekarang ini adalah Amos Joel Jr. Amos merupakan seorang ahli di bidang switching. Sistem switching yang diciptakan oleh Amos ini memungkinkan tersambungnya ponsel yang berada di satu wilayah sel ke wilayah sel lainnya. Berkat penemuan Amos inilah, pengguna ponsel, termasuk jenis HP CDMA tetap merasakan kenyaman ketika berkomunikasi karena pembicaraan yang tidak terputus akibat mengubah posisi badan.
Tidak berlebihan rasanya jika telepon genggam disebut sebagai alat komunikasi paling mutakhir, karena kenyataannya memang demikian. Anda bisa mendapatkan fasilitas lainnya selain mendengar suara dari ujung telepon. Ya, sudah seperti sebuah kewajiban bahwa apapun jenis layanan yang diterapkan pada telepon genggam, termasuk HP CDMA, layanan pesan singkat adalah sebuah standar yang pasti selalu ada.
Zaman terus berkembang, kecanggihan alat komunikasi inipun ikut berkembang. Kini, layanan 3G, video call, radio, pemutar musik atau MP3, kamera, akses internet yang serba cepat dan mudah, bahkan hingga televisi bisa Anda nikmati dari sekotak alat komunikasi tersebut. Termasuk dari jenis HP CDMA.
Informasi yang diketahui secara umum oleh masyarakat mengenai HP CDMA adalah jenis telepon genggam yang hanya bisa digunakan pada satu wilayah tertentu. Jika ingin dibawa ke daerah atau wilayah lain, maka harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Jika tidak, maka nantinya Anda akan kesulitan menggunakan HP CDMA yang Anda miliki.
HP CDMA ibarat lawan main dari HP GSM. Kedua jenis telepon genggam itu “bekerjasama” untuk memenuhi segala kebutuhan komunikasi  yang kini menjadi sebuah prioritas. Fungsi dari kedua jenis telepon genggam itu sama, yakni memudahkan Anda untuk bertukar kabar dengan siapapun.
Pengertian secara sederhana itu memang tidak salah. CDMA memang memiliki pengertian kurang lebih seperti itu. HP CDMA merupakan sebuah telepon genggam yang menggunakan sistem Code Division Multiple Acces, yaitu sebuah metode akses channel yang kurang lebih sama persis dengan sistem pada radio. Penciptaan HP CDMA ini bisa jadi juga karena mengadopsi sistem yang dimiliki oleh sebuah radio.
Ide yang diadaptasi jenis HP CDMA dari sistem radio adalah sistem pemancar yang nantinya mengirimkan channel melalui saluran komunikasi tunggal. Dalam perkembangan teknologi komunikasi, HP CDMA akan menjadi salah satu alat komunikasi pilihan masa depan.
Sebagian dari Anda mungkin ada yang tidak mengetahui bagaimana cerita asal mula terciptanya jaringan CDMA ini. Jaringan CDMA yang dimiliki oleh HP CDMA ini awalnya merupakan hasil penemuan canggih dari teknologi militer. Teknologi CDMA ini pertama kali digunakan pada saat Perang Dunia II.
Pemrakarsanya adalah mereka yang tergabung sebagai tentara Inggris. Saat itu tentara Inggris yang tengah berperang dengan Jerman berupaya untuk menghalangi ancaman apapun dari Jerman, termasuk memblokade transmisi yang dimiliki oleh tentara Jerman. Tentara Inggris yang tergabung dalam pasukan sekutu mentransmisikan saluran yang dimiliki mereka tidak hanya pada satu saluran, tetapi ada beberapa saluran. Saluran yang tidak hanya satu itu menyulitkan Jerman untuk menangkap saluran secara lengkap.
Sejak peristiwa Perang Dunia II itu, sistem CDMA mulai banyak digunakan dalam sistem komunikasi, termasuk HP CDMA. Selain itu, sistem CDMA juga diterapkan pada GPS atau Global Positioning System dan sistem dari satelit OmniTRACS. Belakangan sistem CDMA ini berubah menjadi sebuah sistem komunikasi seluler terrestrial yang praktis dan efisien.
Sistem CDMA memiliki keuntungan yang cukup besar bagi dunia telekomunikasi, itulah sebabnya, mengapa cukup banyak produsen telepon genggam ramai-ramai memroduksi jenis HP CDMA. Secara tampilan luar, HP CDMA dan GSM tidak memiliki perbedaa, tapi berbeda hal jika Anda membicarakan perihal spesifikasi. Berikut ini adalah beberapa merek HP CDMA yang beredar di pasaran.
Sebagai sebuah perusahaan raksasa yang fokus memroduksi aneka macam tipe alat komunikasi, Nokia tentu saja tidak akan melewatkan kesempatan untuk menciptakan ragam HP CDMA yang berdaya saing. Berikut ini adalah beberapa tipe HP CDMA dari Nokia yang bisa membantu Anda berkomunikasi.
HP CDMA dari Nokia ini memiliki desain yang menarik berbentuk slide yang penuh gaya. Tersedia dalam dua pilihan warna, hitam dan merah muda. HP CDMA Nokia 7088 ini dilengkapi dengan spesifikasi browser Nokia WAP 2.0.
Jika HP CDMA pertama memiliki desain slide yang menarik, maka HP CDMA Nokia yang satu ini memiliki bentuk candy bar yang juga banyak digunakan oleh telepon genggam Nokia pada umumnya. Telepon genggam ini dilengkapi dengan kamera 2 megapiksel, serta radio FM dan musik player.
HP CDMA dari Nokia yang satu ini berbentuk slide tipis yang cocok untuk Anda dengan mobilitas tinggi. Dilengkapi dengan kamera 2 megapiksel dan resolusi layar 262, 144 yang membuat kualitas gambar lebih sempurna.
Telepon genggam CDMA ini dilengkapi dengan sistem GPS. Layar yang dipasangkan pada HP CDMA milik SE ini berukuran dimensi 4,17” x 1,89” x 0,75”.
HP CDMA dari Motorola ini memiliki desain yang biasa dikenal dengan sistem flip. Body yang dimiliki cukup tipis dengan berat hanya 95 gram. HP CDMA ini juga dilengkapi dengan fasilitas FM radio.

{ 4 comments... read them below or Comment }

  1. ow ow ternyata fasilitas perangnya seperti ini handphone CDMA

    BalasHapus
  2. ternyata HP cdma masih ada yang berminat

    BalasHapus
  3. tapi GSM tetap menjamur dimanapun karena masih banyak peminat

    BalasHapus
  4. mungkin krna Hp GSM Modelnya lebih keren ya.....
    Ups Hampir Lupa makasiya agan2 uda mau mampir Ke Cafe Ane.....
    Cafe Amaliun Indah

    BalasHapus

Blog Dofollow Silahkan Tinggalkan Komentar Sobat... Komentarnya Yang Manis Ya....!!!
Jangan Lupa Kunjungi Jasa Facebook Fanpage Murah
Buat Sobat Yang Mau Berbisnis Online Kunjungi Aja Langsung Bisnis Online Terbaru

- Copyright © Cafe Amaliun Indah - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -