Posted by : Amaliun Indah Sabtu, 12 November 2011

Dunia unik adalah dunia yang penuh misteri dan aneh. Keanehan inilah yang menciptakan ‘dunia unik’ yang menakjubkan. Bumi, tempat manusia dan mahluk lainnya hidup memang diselimuti banyak misteri. Di berbagai belahan bumi, ternyata terdapat tempat-tempat yang menakjubkan, aneh, dan penuh misteri. Jangankan tempatnya, isinya pun terkadang aneh.
Sebagai contoh, tahukah Anda bahwa ada tumbuhan yang memakan serangga untuk makanannya? Ya, ternyata di dunia ini bukan hanya hewan saja yang memiliki sifat karnivora, tumbuhan pun ada. Kejadian ini tentu saja sulit kita temui di tempat umum karena hanya terjadi di tempat-tempat tertentu.
Nah, dalamArtikel ini penulis akan membahas dunia unik, yaitu tempat-tempat unik dan aneh yang terdapat di dunia.Seperti apa keunikan dan keanehan tempat-tempat tersebu? Berikut adalah uraiannya.
Dunia unik ini bernama Guaira Falls, yaitu air terjun terbesar di dunia. Selama ini, banyak orang menganggap Air Terjun Niagara adalah yang terbesar di dunia. Sebenarnya, Guaira Falls-lah yang terbesar di dunia karena volume air terjunnya mencapai rata-rata 1.750.000 kubik per detik. Sementara itu, Niagara Falls hanya 70.000 kubik per detik.
Dunia unik berupa air terjun ini terletak di perbatasan Brasil dan Paraguay, serta sumber airnya berasal dari Sungai Parana. Pada 1982, di sekitar Guaira Falls dibangun sebuah bendungan bernama Itaipu Dam untuk pembangkit listrik. Saat ini, Itaipu Dam menjadi bendungan terbesar kedua penghasil listrik di dunia setelah Gorges Dam. Bendungan ini menyuplai 90% listrik untuk Paraguay dan 19% untuk Brasil (termasuk Rio de Janeiro dan Sao Paulo).
Dunia unik yang kedua terletak di Antartika, yaitu gunung es B-15. dalam catatan sejarah, gunung ini adalah gunung es terbesar di dunia dengan luas mencapai 3.100 km, lebih luas dari Pulau Jamaika. Gunung es raksasa ini terbentuk oleh patahan Ross Ice Shelf pada bulan Maret 2000.
Pada 2003, Iceberg B-15 terbelah menjadi beberapa potong. Salah satu potongan yang terbesar (diberi nama B-15a) hanyut ke utara yang mengakibatkan hancur ke dalam gletser dan hanya menyisakan patahan sepanjang 8 km.
Sebagian potongan lagi terbawa hanyut ke sepanjang pantai dan akhirnya kandas. Hal ini mengakibatkan perubahan besar pada peta Antartika sehingga peta harus direvisi. Hal ini juga yang membuat penulis menjadikan Iceberg sebagai dunia unik.
Pada 2006, angin topan di Alaska menyebabkan terjadinya gelombang lautan yang melintas sampai 13.500 km ke Antartika selama enam hari. Selain itu, juga memisahkan pecahan-pecahan sisa yang menjadi semakin banyak jumlahnya.


Setelah hampir satu dasawarsa, bagian-bagian gunung es ini belum juga mencair semuanya. Masih ada bagian terbesar dengan luas bidang mencapai 1.700 km yang masih bagian dari B-15a. Potongan ini akhirnya terpecah menjadi beberapa potongan. Itulah dunia unik kedua. Sekarang, kita lanjutkan ke posisi tiga.
Dunia unik ketiga masih berada di Antartika, yaitu Don Juan Pond. Don Juan Pond adalah danau dengan kandungan garam tertinggi di dunia. Selama ini, kita sering mendengar pertanyaan di manakah tempat yang paling tinggi kandungan garamnya? Sebagian besar orang pasti menjawab Laut Mati.
Laut Mati dikenal di seluruh dunia karena memiliki kandungan garam yang sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, air laut dengan kandungan garam tinggi ini dapat dijadikan terapi kesehatan. Tidak mengherankan jika di tempat ini banyak berdiri spa untuk terapi kesehatan dan kecantikan.
Meskipun begitu, Laut Mati bukanlah tempat terasin di dunia. Jawaban yang tepat adalah Don Juan Pond di Antartika. Jika kita bandingkan dengan air laut pada umumnya, Don Juan Pond 18 kali lebih asin. Jika dibandingkan dengan Laut Mati, Don Juan Pond lebih asin delapan kali. Tidak ada salahnya jika penulis memasukkannya sebagai dunia unik.
Dunia unik yang berupa danau ini ditemukan oleh Lt Don Roe dan Lt John Hickey pada 1961. Saat itu, keduanya sedang melakukan penelitian di Antartika. Mereka pula yang memberi nama danau ini sebagai Don Juan Pond. Suhu di kolam ini cukup rendah dengan suhu paling minimum mencapai -30 derajat celcius, tetapi tidak pernah membeku seperti tempat pada umumnya di Antartika.
Di tempat ini, orang yang paling bodoh dalam urusan berenang pun tidak perlu takut tenggelam karena bagaimanapun, benda yang masuk ke dalam air dengan kandungan garam sangat tinggi dapat dipastikan akan melayang.
Dunia unik keempat bernama Rotorua. Rotorua merupakan kota di tepi laut selatan Danau Rotorua atau lebih tepatnya di Teluk Plenty, Pulau Utara New Zealand. Tempat ini unik karena banyak terdapat kolam sumber air panas (khususnya Pohutu Geyser di Whakarewarewa) dan lumpur mendidih. Tidak ada yang mengetahui dari mana sumber air panas di sini berasal. Karena keunikan inilah, Rotorua banyak dikunjungi wisatawan.
Dunia unik dan aneh ini bernama 83-42, berupa sebidang tanah di bagian utara Greenland dan satu-satunya bidang tanah yang tidak tertutup es. Ukurannya hanya 35m x 15m dengan tinggi 4 m. Jika dilihat dari atas, tempat ini terlihat sebagai setitik tanah yang dikelilingi pecahan-pecahan es. Saat kutub utara tertutup es, tanah ini sama sekali tidak tertutup es.
Socotra adalah tempat teraneh dan terunik di dunia karena hampir semua yang ada di sana terlihat aneh, contohnya bentuk pohon dan lingkungannya. Oleh kerena itulah, banyak orang yang menyebut tempat ini sebagai salah satu sarang alien di dunia.
Socrota adalah tempat yang sangat terisolir dan iklimnya kering. Inilah yang membuat tanaman dan benda lainnya tumbuh dengan aneh, seperti tanaman Dragon’s Blood Tree yang aneh dan unik. Bentuknya sangat unik dan menyerupai payung serta memproduksi getah berwarna merah.
Di sana juga hidup binatang asli, seperti burung-burung, laba-laba, dan binatang asli lainnya. Selain itu, ada juga karang dengan bentuk yang aneh dan hanya ditemui di tempat itu. Keanehan-keanehan inilah yang membuat Socorta masuk dalam warisan Peninggalan Dunia.
Eropa selama ini dikenal sebagai benua yang tidak memiliki gurun. Anggapan ini ternyata salah. Pyla adalah bukit pasir unik yang ada di Eropa, tepatnya di Perancis dan merupakan dunia unik ketujuh dalam artikel ini. Panjang bukit pasir ini 3 km, lebar 500 m, dan tinggi 100 m. Tingkat kecuramannya pun sangat tinggi.
Dunia unik yang berupa bukit pasir ini terkenal sebagai tempat aktivitas paragliding dan pemandangan di sekitarnya sangat menakjubkan. Di tempat unik ini, kita semua bisa melihat laut dan hutan karena bukit pasir ini lebih tinggi dari hutan sehingga semuanya dapat kita lihat. Jadi tak ada yang tak mungkin terjadi di dunia unik.

Leave a Reply

Blog Dofollow Silahkan Tinggalkan Komentar Sobat... Komentarnya Yang Manis Ya....!!!
Jangan Lupa Kunjungi Jasa Facebook Fanpage Murah
Buat Sobat Yang Mau Berbisnis Online Kunjungi Aja Langsung Bisnis Online Terbaru

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Cafe Amaliun Indah - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -