Posted by : Amaliun Indah Sabtu, 12 November 2011

Hewan atau binatang merupakan salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang hidup mendiami muka bumi. Habitat hewan ada yang hidup di darat, laut, maupun udara. Hewan pun terlibat dalam kelangsungan ekosistem lingkungan. Ukuran hewan pun bervariasi, yang terkecil sampai yang terbesar. Berikut ini merupakan hewan terbesar di dunia dari berbagai jenis hewan.
Paus biru merupakan hewan terbesar yang hidup di alam semesta ini. Berat paus biru bisa mencapai 190 ton dan panjang hingga 30 meter. Paus biru berbeda dengan kelompok ikan lainnya. Paus biru termasuk hewan mamalia yang hidup di laut. Dulu, persebaran paus biru hampir diseluruh samudera. Akan tetapi, memasuki abad ke-20, populasi paus biru mulai terancam karena banyaknya perburuan yang dilakukan oleh manusia.
Paus biru bernapas menggunakan paru-paru. Hal ini berbeda dengan spesies ikan lainnya yang bernapas menggunakan insang. Perkembangbiakan paus biru pun berbeda dengan ikan lainnya. Paus biru berkembang biak dengan cara melahirkan. Oleh karena itu, paus biru termasuk hewan mamalia yang hidup di laut. Paus biru mengkonsumsi makanan sejenis udang yang disebut krill dan zooplanton lain yang ada di laut.
Perkawinan paus biru dimulai akhir musim gugur dan berkanjut hingga akhir musim dingin Paus biru melahirkan setiap dua hingga tiga tahun saat awal musim dingin. Periode kehamilan paus biru berlangsung selama sepuluh hingga dua belas bulan. Anak yang dilahirkan oleh induk paus biru meminum susu dari induknya hingga 570 liter susu setiap harinya.
Hewan yang memiliki belalai dan gading ini tersebar di Asia dan Afrika. Jadi, spesiesnya pun hanya ada dua, yaitu gajah asia dan gajah afrika. Gajah afrika merupakan mamalia darat terbesar yang pernah ada. Berat gajah afrika ada lebih berat daripada gajah asia. Berat gajah afrika yang pernah ada mencapai 13.5 ton dengan panjang 10.6 meter (dari gading sampai ekor)
Gajah termasuk hewan herbivora. Makanan yang dikonsumsi meliputi rerumputan, dedaunan, ranting, akar, hingga buah dan bunga. Gajah dewasa dapat mengkonsumsi 140 hingga 270 kilogram makanan per hari.


Beruang termasukhewan terbesar yang hidup di muka bumi ini. Rekor berat hewan karnivora ini mencapai 1 ton dan tinggi 3 meter.
Buaya termasuk jenis hewan reptil. Buaya menghabiskan waktu hidupnya di dalam air. Terkadang, hewan ini pun dapat hidup di darat. Buaya terbesar yang pernah ada memiliki berat mencapai sekitar 1.9 ton dan panjang 6.3 meter. Hewan ganas ini hewan pemakan daging atau karnivora.
Jerapah adalah hewan yang memiliki leher panjang. Hewan ini hidup di darat. Selain memiliki leher yang panjang, jerapah pun memiliki ukuran tubuh yang berat. Berat jerapah terbesar yang pernah ada mencapai 1.9 ton dan panjang 5.8 meter.
Burung unta merupakan burung yang hidup di darat dan tidak bisa terbang. Burung unta memiliki leher panjang dan kaki yang jenjang. Berat burung unta yang paling berat mencapai 156 kilogram dan tinggi 2.7 meter.
Hiu merupakan hewan pemangsa yang hidup di laut. Hewan ini cukup agresif dalam melawan mangsanya. Hiu terbesar yang pernah tercatat memiliki berat sekitar 22 ton dan panjang 13.6 meter.
Cumi merupakan hewan invertrebrata. Cumi terbesar adalah cumi collosal dengan berat mencapai 494 kilogram dan panjang 14 meter.

Leave a Reply

Blog Dofollow Silahkan Tinggalkan Komentar Sobat... Komentarnya Yang Manis Ya....!!!
Jangan Lupa Kunjungi Jasa Facebook Fanpage Murah
Buat Sobat Yang Mau Berbisnis Online Kunjungi Aja Langsung Bisnis Online Terbaru

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Cafe Amaliun Indah - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -