Posted by : Amaliun Indah Sabtu, 19 November 2011

Android phone kini tengah marak diperbincangkan terkait berbagai fitur unggulan yang dimilikinya. Pada 2012, sistem operasi android diperkirakan akan menjadi kekuatan terbesar di dunia, setelah menggeser kejayaan iPhone. Berbagai kelebihan yang terdapat dalam Android menjadi kekuatan tersendiri untuk menguasai pasar mobile phnone.
Gartner, seorang konsultan teknologi dunia, memprediksikan android akan berada di atas iPhone pada 2012. Namun, eksistensinya masih satu level di bawah Symbian. Rumor ini serentak menarik minat pencinta gadget dan smart pnone untuk berburu android. Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan android?
Android merupakan salah satu istilah yang terbilang baru di telinga orang Indonesia. Namun, tidak demikian bagi pencinta gadget dan smart phone karena android sebenarnya sudah mulai melebarkan sayap di Indonesia sejak Juni 2009. Sebenarnya, android merupakan sebuah sistem operasi baru buatan Google untuk mobile phone. Android memiliki kelebihan dalam hal open source.
Layaknya jenis smart phone lain, android memiliki fitur-fitur unggulan. Misalnya, fitur kamera, GPS, dan kompas, yang dapat digabungkan menjadi GPS 3D sehingga tampilannya lebih hidup karena menyerupai bentuk asli. Fitur-fitur unggulan dalam android dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang beragam.
Keunggulan lain android adalah smart phone yang sudah berbasis informasi. Jadi, Anda tidak perlu menyimpan informasi yang terlalu banyak dalam telepon. Semua informasi yang Anda butuhkan telah tersedia di internet. Dengan demikian, tugas Anda menjadi semakin ringan. Tinggal searching, semua informasi bisa didapat.
Perkembangan android di Amerika Serikat terbilang sangat pesat. Salah satu contohnya perjalanan produsen Motorola yang sempat menurun. Namun, penjualan Motorola meningkat tajam setelah membuat android dan melakukan kerja sama dengan salah satu operator. Bahkan, penjualan pertama Motorola hampir mencapai satu juta unit.
Sementara itu, android semakin berkembang di Indonesia pada akhir 2010. Sambutan positif terhadap android membuat beberapa produsen mobile phone memproduksi android. Di antaranya, Motorola, Samsung, LG, dan Sony Ericsson. Gayung bersambut, android pun semakin menyita perhatian para penggila mobile phone.
Android memang menyediakan berbagai aplikasi menarik di Android Market yang dapat digunakan kapan pun. Di Indonesia, mayoritas berbagai aplikasi menarik tersebut dapat diunduh secara gratis. Namun, Anda memerlukan pengetahuan lebih tentang bahasa pemprograman jika ingin mengorek-ngorek isi android. Misalnya, Java.
Sistem operasi smart phone yang dirancang Google ini memang memakai konsep free dan open source, hampir mirip dengan linux. Dengan kata lain, Anda akan merasa seperti mengantongi laptop supermini ketika memiliki smart phone dengan flatform android. Bisa Anda bayangkan sendiri kepraktisannya. Laptop merupakan ringkasan dari dekstop komputer, sedangkan android merupakan ringkasan laptop. Menarik, bukan?
Mungkin banyak orang bertanya mengapa android dikatakan sebagai ringkasan laptop. Jawabannya tentu saja karena memiliki sistem operasi (OS) seperti laptop. Namun, tentu saja sistem operasinya masih jauh di bawah frekuensi prosesor laptop. Smart phone ini dapat menjalankan berbagai program yang biasa dioperasikan dengan laptop, tentu saja dengan maksimasi kompresi.
Contoh paling nyata adalah documents to go (full version) yang dalam sistem operasi linux diwakili oleh open officenya. Aplikasi ini dapat melakukan serangkaian proses, seperti editing maupun saving. Dalam satu program, terdapat subprogram, di antaranya Sheet to go, Slide show to go, dan PDF to go.
Tersedianya empat program penting dalam satu pack tentu sangat berguna bagi orang yang merasa dirinya cukup mobile. Namun, program-program tersebut tetap harus diunduh melalui Android Market.
Itulah deskripsi singkat mengenai android, smart phone yang menggunakan sistem operasi seperti komputer. Smart phone ini tentu memberikan berbagai kemudahan bagi Anda yang memiliki mobilitas luar biasa. Tanpa harus membawa laptop, Anda bisa menjalankan program-program yang ada pada laptop.
Bagaimana, apakah Anda tertarik? Selamat mencoba!

Leave a Reply

Blog Dofollow Silahkan Tinggalkan Komentar Sobat... Komentarnya Yang Manis Ya....!!!
Jangan Lupa Kunjungi Jasa Facebook Fanpage Murah
Buat Sobat Yang Mau Berbisnis Online Kunjungi Aja Langsung Bisnis Online Terbaru

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Cafe Amaliun Indah - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -